Skip to main content

Posts

Kemudian Ikut-Ikutan Teman Seperjuangan

Nah, masa SMA ini memang semakin lama membuatku semakin semangat mengejar FK! Pas Study Tour kelas 11 ke UGM, terdapat salah satu temanku menyeletuk ke wali kelasku. Kurang lebihnya begini. "Ibu, kalau misalnya ke FK saja boleh gak bu gak ke FMIPA? Soalnya saya penasaran banget sama FK UGM." Padahal ya, jadwalnya dari rombongan belajar 4 (alias kelas 11 MIPA 4) ini harusnya ke FMIPA. Eh akhirnya dibolehin. Terus, aku yang tadinya maunya ke FMIPA malah bertolak ke FK saja. Bahkan, beberapa teman sekelasku juga mau ikutan ke FK. Alhasil, aku berjalan kaki beriringan dengan kelas 11 MIPA lainnya melewati beberapa gedung tua nan bersejarah. Sayangnya, aku tidak tahu gedung apa itu (ya maap sih baru sekali ke UGM jadi norak aje!). Aku juga menyempatkan diri sambil berjalan sambil selfie sebagai momen berharga. Seumur hidup sekali gasii~~~ Sampai suatu saat, aku bertemu dengan gedung tua yang sangat unik dengan monumen segitiganya dengan lambang FKnya (aku lupa pastinya lambang a...

[SHARING SEMESTER 7]

Assalamu'alaikum Wr. Wb, kembali lagi bersama saya yang Alhamdulillah sudah melewati banyak rintangan. Nah, disini aku mau sharing mengenai Semester 7. Ternyata, Semester 7nya di Farmasi UI hanya membutuhkan beberapa SKS lagi. 24 SKS pun gak sampe, udah dimaksimalin di Semester 5 dan 6 juga. Mata kuliah apa aja tuh? Farmakoterapi 3 (2 SKS) : Sistem pembelajarannya kurang lebih sama dengan Farmakoterapi 1 dan 2 seperti membaca studi kasus-presentasi-tanya jawab, hanya saja materinya dominan pada berbagai macam Infeksi. Pastikan mata kuliah Obat Gangguan Infeksi dan Neoplasmanya lulus, ya! Soalnya UTS dan UASnya benar-benar hectic karena banyak gitu sih isi materinya. Aseptik Dispensing (2 SKS) : Sistem pembelajarannya disini berbeda berdasarkan dosen pengajar. Kalau dosen pengajar Teknologi Farmasi, hanya akan ada penjelasan dan tanya jawab, diakhiri oleh kuis. Sedangkan, dosen pengajar Klinis hanya akan memberikan pendahuluan dan presentasi-tanya jawab tanpa kuis. UTSnya lebih ke m...

[SHARING SEMESTER 6]

 [SHARING SEMESTER 6] Haloo sobat kuliahku yang aku sayangi Alhamdulillah banget tidak kerasa kalau semester 6 yang sangat hectic (bahkan lebih hectic dari semester 5 yang sebenarnya lebih banyak jumlah mata kuliahnya daripada semester 6). Mohon doanya juga semoga hasilnya lebih baik dan gak makin masuk ke jurang nilai buruk, Aaamiinn.. Nah, aku bakal bahas seperti biasanya apa saja mata kuliah yang ada di Semester 6 ini. Mari kita bahas satu per satu! Obat Infeksi dan Neoplasma : Jujur ya ini singkatannya tuh OINKI padahal agak gak nyambung gitu sih sama kepanjangannya. Mata kuliah ini membahas hal yang sama seperti obat-obat lainnya tapi yang ini pastinya untuk penyakit infeksi mulai dari bakteri, jamur, virus, mikoplasma, sampai ke onkogen. Materinya superduber banyak tapi lumayan seru sih bahas mekanisme kerja dan resistensinya. Dan gak lupa juga bahasannya dimulai dari dasar walaupun sedikit sih. Pembelajarannya seperti biasa ada Question Based Learning nanti dijawab lewat pr...

[SHARING SEMESTER 5]

Assalamu'alaikum Wr. Wb, Halo guys Kembali lagi aku bakal bahas tentang apa saja yang dipelajari di Semester 5. Semester ini benar-benar semester puncaknya nih, ada 12-13 mata kuliah (aku sih ambilnya 13 mata kuliah). Nah, ini tuh tergantung kitanya mau ambil 1 atau 2 mata kuliah pilihan. Dan sibuknya setiap matkul MasyaAllah bangettt.. banyak banget kuisnya cuyyy. Kebijakan setiap dosen kelas akan berbeda-beda juga nih jadi siap-siap aja. Oke, next aja ya. Jadi, di Semester 5 ini gak ada yang namanya mata kuliah wajib UI dan RIK. Ada apa saja sih? Biofarmasetika : Mata kuliah ini berhubungan banget dengan desain farmasetika yang mempertimbangkan biologis tubuh , lho. Jadi, gimana sih obat yang pas untuk organ tubuh tertentu. Kita tuh bakal belajar tentang Pertimbangan BCS khususnya solubilitas dan permeabilitas, Strategi penghantaran obat BCS ( Biopharmaceutical Classification System , yaa sejenis sistem penghantaran obat oral gitu sih umunya) baik tipe 2-3-4 (nanti juga bakal di...

[SHARING SEMESTER 4]

Assalamu'alaikum Wr. Wb Disini aku akan bahas mata kuliah Semester 4 di Farmasi UI nih Ada 10 mata kuliah yang diujikan, dan menurut aku Semester ini mulai intens bahas aplikasi di dunia kerja apakah mau bidang klinis atau industri. Setidaknya aku bisa membayangkan akan bekerja dimana dengan mengerti prosedur-prosedurnya. Jadi tidak hanya teorinya saja yang saya dapatkan. Obat Gangguan Kardiovaskuler . Mata kuliah ini membahas patofisiologi di awal (bagi yang belum tahu, patofisiologi tuh bagaimana kita bisa menjelaskan keadaan organ tubuh yang sakit secara fisiologis yang beruntut menjadi perjalanan penyakitnya). Sesuai namanya, mata kuliah ini membahas penyakit yang relatable dengan kardio (jantung) dan vaskuler (pembuluh darah). Setelah itu, kita harus tahu juga apa obat yang bisa melakukan intervensi (mempengaruhi) salah satu atau lebih perjalanan penyakit. Sebagaimana yang kita ketahui, obat itu terbagi dalam beberapa golongan lho bergantung mekanisme intervensinya ...

Semua Berawal dari Keinginan Yang Kuat

Assalamu'alaikum Wr. Wb kembali lagi dengan sayaaa.. Oke, awalnya aku ingin FK berawal dari Open House Merasa terbius sih iya, wong dari kelas 10 sudah berani ikut-ikut SBMPTN yang soalnya abstrak bangett hampir membuatku menangis. Ini suatu kewajaran aja sih saat baru memasuki masa SMA tapi udah dijejelin soal pasca SMA wkwkwk. Jadi, awalnya di sore itu RIK sedang dirundung hujan. Saat pembagian soal SBMPTN, aku melihat seperti Soal dari Planet ketujuh . Akhirnya, aku hanya mengerjakan 3 dari 15 soal Matematika DASAR lagi. Apa masuk FKUI sesusah ini ya? SBMPTNnya aja susah, akhirnya aku gak berniat SBMPTN milih FKUI sih. Aku berharapnya di SNMPTN. Apalagi di SMA bisa meraih peringkat 1 di Semester 2 dan itu gak membuatku puas untuk selalu mempertahankannya BAHKAN mencoba menghitung nilai-nilai yang diperoleh. Dulu tuh enak banget di SMAku ada template yang melihat akumulasi nilai-nilai gitu dari Semester 1 - 5. Dari situ, aku bisa berkonsultasi dengan tempat Bimbel...

Gimana Sih Perjalanan Buat Tetapin Cita-Cita Jadi Dokter?

Sudah lama aku tidak membuat blog karena kesibukan yang sangat menyita waktu untuk ngeblog. Semoga bisa jadi motivasi teman-teman buat bisa berpikir positif terhadap apa yang mungkin bagi teman-teman kurang sreg. Nah, aku mau cerita-cerita aja nih *santuy ajalaya* Aku dulu pernah mengalami masa-masa seperti orang pintar pada umumnya.  Apa itu??? Apalagi kalau bukan dokter, seorang pekerja yang tujuannya membantu pasien dengan sangat mulia dan kata-kata tersebut selalu jadi patokan alasan setiap orang yang bercita-cita. Mungkin kalau alasannya mendapat gaji besar udah gak laku lagi lah ya WALAUPUN gak bisa dipungkiri gaji dokter swasta cukup besar apalagi RS yang youknowlah .  Kalau mau dapetin gaji gede, ya jangan jadi dokter . Pernah suatu ketika, aku mengikuti Open House FKUI dua kali dan selalu mematahkan alasan ini. Pasti selalu melihat perjuangannya para dokter, materi kuliahnya sih gak terlalu dilihat hmm.. Untungnya, aku gak pernah kapok se...